Pengertian Kontraktor

Kontraktor adalah perorangan atau badan hukum yang di sewa oleh pemilik proyek untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan perjanjian kontrak yang telah di sepakati oleh kedua pihak, proyek dibatasi oleh item pekerjaan yang dilaksanakan, biaya, serta waktu penyelesaian. Kontraktor disebut juga sebagai pemborong. Setiap orang bias menjadi kontraktor, sedangkan yang berbentuk badan hukum bisa berupa perusahaan CV maupun PT. berikut ini penjelasan lebih lanjut.
 
Cara Kontraktor Mendapatkan Pekerjaan
1. Lelang, yaitu beberapa kontraktor dipanggil oleh owner alias pemilik proyek yang mengikuti proses selesksi, pemenang lelang di ppilih yang produknya berkualitas mengajukan harga termurah, atau sesuai kriteria yang sudah di tetapkan oleh owner.
2. Penunjukan Langsung, disini owner menunjuk secara langsung kontraktor mana yang berhak melaksanakan proyek pekerjaan.
 
Macam-macam Spesialisasi Kontraktor
1. Pekerjaan konstruksi seperti pembangunan gedung, infrastruktur seperti jalan raya, pelabuhan, bandara, dan kolam berenang.
2. Pengadaan tenaga kerja
3. Pertahanan dan militer, misalnya pengadaan seragam dan peralatan militer.
 
Pengertian Sub Kontraktor
Ada juga yang namanua sub kontraktor , yaitu orang atau badan hukum yang menborong pekerjaan spesialis tertentu pada kontraktor utama, misalnya dalam pelaksanaan proyek gedung bertingkat tinggi ada yang namanya sub kontraktor listrik, pembesian, bekisting, finishing, arsitrktur, partisi dinding, dan lain sejenisnya.
 
Cara Kontraktor Mendapat Keuntungan Dari Proyek Konstruksi
Cara kontraktor mendapat keuntungan dari proyek konstruksi bisa melalui berbagai hal, terkadang kita mendengar ada oknumkontraktor tertentu yang korupsi bahan bangunan agar dapat keuntungan, itu hanyalah ulah kontraktor yang kurang keratif dan inovatif saja sehingga owner dirugikan, karena seharusnya cara seperti itu tidak perlu dilakukan karena masih banyak cara yang lain yang tergolong halal dan lebih memberikan laba besar, untuk itu mari kita jabarkan.
 
Menyeleksi Supplier Material
Menemukan supplier sebanyak mungkin lalu meminta penawaran harga untuk pengadaan material tertentu, yang terpilih adalah supplier termurah dan kualitas bahan bangunan sesuai standar, jadi disini ada celah mendapatkan laba.
 
Mempercepat Penyelesaian Pekerjaan
Dengan selesai lebih cepat berarti ada sisa upah yang tidak perlu dikeluarkan, sisa waktu juga bisa dipakai untuk melakukan pekerjaan lain yang pastinya akan memberikan keuntungan tambahan. Untuk kontrak proyek tertentu juga menerapkan system denda keterlambatan, sehingga itu akan memberikan kerugian bagi kontraktor.
 
Menggunakan Metode Kerja Terbaik
Satu jenis pekerjaan bisa dilakukan dengan berbagai cara, yang terbaik adalah cara yang paling murah dan bisa selesai secepat mungkin.
 
Memanfaatkan Material Sisa Pekerjaan
Beberapa jenis bahan bangunan ada yang terpaksa sisa apabila di gunakan, misalnya pada pemesanan besi baja ada kemungkinan terjadi kelebihan ukuran besi sehingga rata-rata orang akan berfikir untuk membuangnya, padahal itu bisa di olah lagi menjadi barang yang berguna.
 
Meminimalisir Sisa Material Terbuang
Ini bisa dilakukan dengan membuat shop drawing terlebih dahulu untuk menentukan posisi penggunaan material beserta ukurannya, jadi disitu bisa diatur bagaimana caranya agar tidak terlalu banyak material yang terbuang sia-sia. Contohnya pada pemasangan keramik lantai maupun dinding.
 
Demikian sekilas tentang Kontraktor, adapun kekurangan dari artikel diatas kami mohon maaf dan terimakasih sudah berkunjung ke website kami.

========

PT. CAHAYA MANGKU BUMI
@2020 CMB.CO.ID | Rights Reserved